24 Juli 2021

Warta Bugar

Informasi Segar dan Sehat Sekitar Kita

Jangan Kaget, Ini Nilai Investasi di Jakarta Tahun Lalu

DKI Jakarta menjadi Provinsi Dengan Realisasi Investasi PMDN Tertinggi Se-Indonesia dalam Tiga Tahun Berturut-Turut. Angkanya terus meningkat.

DKI Jakarta menjadi Provinsi Dengan Realisasi Investasi PMDN Tertinggi Se-Indonesia dalam Tiga Tahun Berturut-Turut.

Bekasi, Warta Bugar – Upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mendatangkan Investasi di Ibu Kota telah menunjukkan hasil positif. Pada triwulan IV tahun lalu, total investasinya Rp28,3 triliun.

Itu terdiri Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp20,5 triliun dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar US$ 0,5 miliar atau setara Rp. 7,8 triliun dengan kurs APBN 2019 US$1= Rp15.000.

Itu berdasarkan laporan Realisasi Investasi PMDAN dan PMA yang disampaikan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), melalui rilisnya (5/2).

Sedangkan untuk total realisasi investasi PMA dan PMDN Provinsi DKI Jakarta Periode Januari s.d Desember 2019 mencapai Rp123,9 triliun atau 123,7% dari target yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017-2022, yaitu sebesar Rp100,2 triliun.

Berdasarkan angka tersebut, realisasi investasi Provinsi DKI Jakarta secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 8,5% dibandingkan dengan Periode yang sama di tahun 2018 yakni Rp114,2 triliun.

Dengan angka itu berarti realisasi investasi ibukota Indonesia itu menyumbang 15,3% dari total realisasi investasi Indonesia sepanjang tahun 2019, yaitu sebesar Rp809,6 triliun.

“Investasi masih menopang perekonomian di Jakarta. Alhamdulillah, pada tahun 2019 realisasi investasi menembus angka Rp.123,9 triliun dan telah melampaui target yang ditetapkan RPJMD Provinsi DKI Jakarta, sebesar Rp. 100,2 triliun” ucap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra.

Benni menyebutkan bahwa berdasarkan data BKPM RI, selama kurun waktu tiga tahun terakhir, Provinsi DKI Jakarta masih menempati posisi realisasi Investasi PMDN tertinggi se-Indonesia.

“Sejak tahun 2017 sampai 2019, realisasi investasi PMDN di DKI Jakarta selalu menempati posisi tertinggi di Indonesia” ujar Benni.

Benni memaparkan dengan luas wilayah daratan DKI Jakarta yang hanya sebesar 662,33 Kilometer persegi, atau 53 kali lebih kecil dibanding luas wilayah provinsi lainnya di pulau Jawa, pencapaian realiasai nnvestasi sepanjang tahun 2019, smerupakan pencapaian yang patut dibanggakan.

Adapun fokus Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mendongkrak realisasi investasi yaitu dengan memperkuat faktor kompleks lainnya yang terkait satu sama lain.

“Alhamdulillah pencapaian dan peningkatan Realisasi Investasi di Jakarta,” ujar Benni. (hkw0