12 July 2024

Cegah Virus Corona, Sejumlah Maskapai Hentikan Penerbangan ke Wuhan

Read Time:1 Minute, 46 Second

Bekasi, Warta Bugar – Kasus virus Corona makin menjadi-jadi. Di Cina dilaporkan 56 orang meninggal dunia, dan lebih dari 2.000 orang terinfeksi. Jumlah kasus di luar Cina pun ikut bertambah, baik negara atau pasien.

Sejumlah negara mengambil kebijakan, seperti menarik jumlah warganya yang berkunjung atau tinggal di Wuhan atau beberapa kota lain di Cina.

Sementara itu, sejumlah maskapai pun menghentikan penerbangan ke daerah endemik tersebut. Atas himbauan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Lion Air memutuskan membatalkan dan menghentikan sementara penerbangan ke Wuhan.

Begitu pula dengan Garuda Indonesia. Dalam rilisnya (26/1), pihaknya kupaya antisipatif dan kewaspadaan atas merebaknya penyebaran virus mematikan tersebut.

Peningkatan awareness dilakukan melalui peningkatan edukasi dan langkah antisipatif lainnya terhadap seluruh lini operasional dan stakeholder layanan penerbangan mengenai upaya pencegahan virus tersebut.

“Perhatian serius Garuda Indonesia terhadap upaya antisipatif penyebaran virus tersebut dilakukan dengan tetap mengedepankan aspek keselamatan penerbangan serta kenyamanan perjalanan udara kepada seluruh penumpang,” ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Pihak Garuda juga telah meningkatkan pengawasan terhadap sejumlah layanan penerbangan yang beroperasi di sejumlah rute internasional yang rawan atas penyebaran virus tersebut bekerjasama dengan otoritas kesehatan dan layanan kebandarudaraan setempat”, jelas Irfan.

“Dapat kami sampaikan bahwa Garuda Indonesia tidak memiliki rute penerbangan dari dan menuju Wuhan”, tambah Irfan.

Lebih lanjut Garuda Indonesia turut meningkatkan pengawasan bersama otoritas bandara setempat, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Indonesia khususnya di terminal kedatangan internasional.

Irfan memaparkan, Garuda secara seksama turut mematuhi seluruh kebijakan regulator terkait upaya pencegahan virus tersebut yang salah satunya dilakukan melalui kebijakan menyampaikan dokumen kesehatan.

Yaitu berupa general declaration of health dan manifes penumpang kepada petugas kesehatan di pos kesehatan KKP terminal penerbangan internasional sesaat setelah mendarat untuk flight yang melayani penerbangan langsung maupun transit khususnya dari Tiongkok dan Hong Kong.

Para penumpang diminta tetap tenang, meningkatkan kewaspadaan serta memahami tatalaksana pencegahan penyebaran virus tersebut yang dilakukan dengan mengedepankan aspek kebersihan diri dan memastikan kondisi kesehatan dalam keadaan fit sebelum melakukan perjalanan.

“Sosialisasi upaya pencegahan juga terus diintensifkan keseluruh jajaran lini operasional seperti meningkatkan pemahaman atas pola penyebaran virus, merekomendasikan penggunaan alat pelindung dini seperti masker hingga hand sanitizer bagi petugas, crew maupun penumpang.” Lanjut Irfan. (sgh)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Vaksinasi BCG Cegah TB Previous post Studi Baru: Vaksinasi BCG Kurang Efektif Cegah Penyakit Tuberkulosis
Next post Sebentar Lagi Osteoartritis Bisa Disembuhkan