20 July 2024

Ini Alasannya Mengapa BPJS Kesehatan Tetap Sesuaikan Premi JKN-KIS

Read Time:1 Minute, 21 Second

Bekasi, Warta Bugar – Meski banyak keberatan dari beberapa peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tetap menyesuaikan premi yang diputuskan pemerintah.

BPJS Kesehatan, menurut Kepala Humasnya M Iqbal Anas Ma’ruf, menyelenggarakan program ini berdasarkan prinsip kehati-hatian dan akuntabilitas.

Itu diutarakan saat ngopi bareng soal JKN di bilangan Jakarta Pusat, Rabu (15/1). “BPJS Kesehatan juga dituntut taat pada peraturan yang telah ditetapkan termasuk penerapan implementasi Peraturan Presiden Nomor 75 tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan,” ujar Iqbal dalam rilisnya.

“Jika tidak kami melanggar tata kelola dan regulasi pengelolaan Program JKN-KIS, kami harus tunduk pada regulasi dan tidak bisa bertindak melampaui kewenangan,” imbuhnya.

Iqbal juga menambahkan, sesuai dengan hasil Rapat Tingkat Menteri (RTM) pada 06 Januari 2020 Pemerintah dalam hal ini Kementerian/Lembaga terkait sepakat untuk melaksanakan Perpres 75/Tahun 2019.

Keputusan penyesuaian iuran peserta BPJS Kesehatan telah melewati proses pembahasan dan perhitungan yang matang melalui hasil rapat bersama pihak-pihak terkait, termasuk mempertimbangkan kemungkinan penurunan kelas kepesertaan PBPU.

Pemerintah juga sudah mempersiapkan sejumlah skema guna mengantisipasi pelaksanaan atas keputusan Perpres No. 75/2019. Diantaranya ialah menyangkut pengalihan kepesertaan PBPU kelas III menjadi peserta PBI.

Iqbal jugamenjelaskan bahwa untuk memberikan keleluasaan membayar iuran secara rutin bagi peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan membuat kebijakan kemudahan perubahan kelas ke kelas yang lebih sesuai dengan kemampuannya.

BPJS Kesehatan memiliki program BPJS PRAKTIS (Perubahan Kelas Tidak Sulit).

Sedangkan bagi peserta PBPU yang merasa tidak mampu bisa mendaftar ke peserta PBI yang iurannya ditanggung pemerintah sepenuhnya dengan cara mendaftar di Dinas Sosial sesuai dengan prosedur yang kini berjalan. (akl)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Penampilan salah satu peserta Apple Developer Academy Previous post Ini Wisudawan Lulusan Apple Developer Academy 2020
Salah satu taksa baru burung temuan LIPI Next post LIPI Temukan 10 Taksa Baru Burung di Sulawesi-Maluku. Apa Cirinya?