24 Juli 2021

Warta Bugar

Informasi Segar dan Sehat Sekitar Kita

Sertifikat Rusak Akibat Banjir, Segera Datang ke BPN

Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN ( Surya Tjandra melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pertanahan Kota Bekasi. Untuk mengecek arsip berupa sertifikat tanah.

Jakarta, Warta Bugar – Hujan deras dan berlangsung lama mengguyur sejumlah daerah di malam Tahun Baru hingga 1 Januari 2020. Kota Bekasi merupakan salah satu daerah yang menjadi wilayah yang terdampak banjir paling parah.

Melihat kondisi tersebut Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN (Badan Pertanahan Nasional) Surya Tjandra didampingi Yusuf Purnama Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat dan Kepala Kantor Pertanahan Kota Bekasi Deni Ahmad Hidayat lakukan kunjungan kerja ke Kantor Pertanahan Kota Bekasi pada Kamis (2/1/2020).

Seperti dalam rilisnya (3/1), mereka melakukan kunjungan terhadap sarana dan prasarana pelayanan masyarakat dalam hal ini Kantor Pertanahan Kota Bekasi. Maklum, banyak masyarakat yang arsipnya, termasuk sertifikat hak atas tanah, rusak akibat banjir.

Jadi Kantor Pertanahan diminta untuk sigap menerima masyarakat yang ingin memperbaiki arsipnya.

Bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kantor Pertanahan Kota Bekasi akan melakukan penyelamatan arsip tanah di Kota Bekasi.

Tim yang dibentuk akan terjun langsung ke lapangan untuk membantu penyelamatan arsip masyarakat.

Surya Tjandra mengatakan bahwa momentum banjir ini juga dapat medorong perubahan di tingkat sistem, perlu dipikirkan bersama terhadap sistem mitigasi bencana di kantor pertanahan kabupaten/kota atau kantor wilayah BPN provinsi, terutama dalam menyelamatkan warkah-warkah (alas hak, bukti kepemilikan) dan arsip-arsip pertanahan lainnya.

“Hilangnya warkah tanah masyarakat akan menyebabkan ketidakpastian kepemilikan lahan, ke depan dapat memicu terjadinya konflik dan sengketa pertanahan,” ujar Surya.

Selain itu, Surya Tjandra mengatakan petugas arsip pertanahan tidak hanya diisi dengan orang-orang yang pintar, tapi juga dapat bertanggungjawab dan punya integritas sehingga bisa cepat tanggap dalam menangani berbagai situasi yang tiba-tiba saja terjadi.

Selain Bekasi, kKunjungan kerja Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN juga dilakukan ke beberapa daerah. Selain untuk bertemu dengan jajaran di Kantor Wilayah BPN Provinsi dan Kantor Pertanahan pertanahan juga untuk melihat kondisi di kantor pertanahan.

Tujuannya, untuk mendengarkan masukan, diskusi dan kisah perjuangan jajaran Kantor Pertanahan dalam melaksanakan tugas pengabdiannya pada negara.(hkw)