12 July 2024

Sigfox Prakarsai Program Sigfox Build

Read Time:1 Minute, 28 Second

Sigfox Indonesia mempertegas komitmennya untuk memajukan perkembangan penggunaan Internet of Things (IoT) di Indonesia dengan memprakarsai program Sigfox Build yakni sebuah wadah bagi para pembuat atau produsen piranti sensor dan pengembang aplikasi atau program.

Kolaborasi antara pembuat piranti sensor dan pengembang aplikasi akan menciptakan sebuah ekosistem IoT tepat guna didukung dengan infrastruktur jaringan berdaya rendah yang disediakan oleh Sigfox Indonesia.

Tujuan dari program Sigfox Build ini adalah untuk membantu dalam mempersiapkan sumber daya manusia dan sektor industri tanah air dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Melalui program Sigfox Build, Sigfox Indonesia akan menyediakan sumber daya yang lengkap, mulai dari desain piranti dan aplikasi, pengembangan prototipe hingga pendampingan untuk mendapatkan sertifikasi produk dan pembekalan dalam pengembangan bisnis.

Pemantapan talenta lokal dibutuhkan untuk mewujudkan ekosistem IoT, sesuai dengan proyeksi Asosiasi Internet of Things Indonesia (ASIOTI) di mana Indonesia akan membutuhkan sekitar 400 juta piranti IoT pada tahun 2022 sejalan dengan regulasi yang telah diterbitkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait LPWA (Low Power Wide Area Network).

Dalam keterangan persnya (16/12/2019), Irfan Setiaputra selaku CEO Sigfox Indonesia mengatakan, Program Sigfox Build didasari dengan besarnya potensi anak bangsa untuk mendukung implementasi IoT di Indonesia.

“Untuk itu, melalui program berkelanjutan ini kami berupaya untuk mencari pengembang aplikasi dan piranti hingga ke pelosok daerah di seluruh nusantara untuk menjadi bagian dari ekosistem IoT Sigfox,” ujarnya.

Sigfox, kata Irfan, akan memberikan pembekalan dalam proses pengembangan solusi IoT mulai dari proses awal perancangan hingga peluncuran dan pendampingan bisnis.

Peluang bisnis ini tak hanya mencakup kebutuhan pasar lokal saja, namun para developer yang tergabung dalam Sigfox Build juga memiliki peluang untuk masuk ke pasar piranti IoT global.

Sebelumnya pada bulan November 2019 lalu, Sigfox Global mengadakan acara tahunan bertajuk Sigfox Connect. Pameran bertema teknologi IoT ini mempertemukan berbagai pelaku industri. (asw)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Peluncuran Mastercard Academy 2.0 Previous post Mastercard Luncurkan Flagship Program. Apa Itu?
Advan Keluarkan Earphone teranyar Next post Advan Rilis Earphone StartGo TWS, Kelebihannya?