12 July 2024

Hati-Hati Belanja Logam Mulia Emas Secara Daring

Read Time:1 Minute, 53 Second

Tingginya animo masyarakat terhadap belanja logam mulia emas secara daring menuntut adanya sistem keamanan berlapis yang mumpuni. Penjaminan keamanan bertransaksi, ekspedisi terasuransi, hingga pengecekan autentisitas emas menggunakan pemindaian QR Code menjadi kunci untuk merevolusi ekosistem investasi emas berbasis digital di Indonesia.

Hal tersebut terungkap pada forum diskusi yang diselenggarakan oleh ORORI Group dan PT Sampoerna Gold Indonesia (PT SGI), di Jakarta, seperti dalam keterangan persnya.

“Ketika kami memulai ORORI.com pada 2014, lanskap belanja daring sangat berbeda. Pada masa itu, toko retail menjadi pilihan utama membeli produk niche seperti perhiasan,” kata Direktur ORORI Group Triono J. Dawis.

“Menyadari bahwa kepercayaan pelanggan adalah kunci bisnis untuk melesat, kami mencurahkan porsi fokus terbesar pada penguatan sistem keamanan transaksi. Kami juga memiliki jasa ekspedisi yang mendapatkan pelatihan khusus,” imbuhnya.

Triono menambahkan, keputusan tersebut berbuah manis karena masyarakat merasa yakin terhadap keamanan berbelanja di ORORI.com.

Namun, tantangan lain muncul ketika ORORI.com mulai menyalurkan logam mulia. Pasar jual beli emas yang didominasi oleh mom-and-pop stores memiliki keterbatasan alat untuk mengecek keaslian emas bersegel tertutup.

“Bagi kebanyakan mom-and-pop stores, salah satu cara paling mudah mengecek keaslian adalah dengan menyentuh dan menimbang emas tanpa lapisan penutup apa pun. Itulah mengapa desain kemasan WARIS dapat dibuka dan ditutup tanpa takut rusak,” jelas CEO PT SGI John Aryananda.

WARIS juga diperlengkapi dengan teknologi QR Code terkini yang tersemat pada bagian belakang kemasan. Nantinya, pembeli WARIS dapat mengecek keaslian label melalui aplikasi e-mas, kemudian mencocokkannya dengan kode unik yang terukir pada badan emas.

Sementara itu, CEO Printera Agus Mulyono mengungkapkan, security printing yang baik memiliki ciri tidak dapat dipalsukan, serta dapat dilacak.

“Secara umum, pemalsuan label dapat dicegah dengan memberikan empat lapisan keamanan, yaitu QR Code, label void, hologram dua warna, dan microporous membrane. WARIS memiliki keempat lapisan tersebut,” kata Agus.

Lebih lanjut, pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya berpendapat, perdebatan mengenai system keamanan tanpa celah keamanan mungkin akan terus berlangsung.

“Namun, saya pikir ekosistem distribusi ORORI dan proteksi berlapis yang diusung WARIS sudah cukup kuat dan pasti akan mempersulit upaya-upaya untuk memalsukan,” tutur Alfons.

Sebagai informasi, sejak diperkenalkan pada November 2018, emas menjadi produk unggulan pada situs ORORI.com.Kehadiran WARIS dengan berbagai mekanisme pengamanannya diharapkan menjadi pilihan aman dan tepercaya masyarakat Indonesia yang ingin berinvestasi logam mulia. (sgh)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Aice sponsori Kompetisi Bola Basket Piala Presiden 2019 Previous post Aice Sponsori Kompetisi Bola Basket Piala Presiden 2019
Obat Baru Diabetes Kurangi Lama Rawat Inap Next post Gawat! 75% Penduduk Indonesia Tak Sadar Kena Diabetes