12 July 2024

Sepsis Tak Lama Lagi Dapat Dites Darah

Read Time:1 Minute, 12 Second

Sepsis merupakan penyakit darah yang sangat mematikan. Sepsis disebabkan oleh masuknya bakteri dan meracuni darah. Tanpa pertolongan cepat, pasien bakal meninggal.

Setelah bertahun-tahun para peneliti mencari alat untuk mendeteksinya, kini Hector Wong, direktur Critical Care Medicine di Cincinnati Children’s Hospital Medical Center bersama koleganya di Ohio, AMerika Serikat, mengembangkan tes darah pedeteksi sepsis.

Seperti dilansir situs medicalnewstoday.com (15/11/2019), mereka menciptakan alat pedeteksi bernama PERSERVE. Selama 10 tahun atau lebih metode itu telah dikembangkan oleh para peneliti PERSEVERE. Itu setelah mereka mengevaluasinya menggunakan informasi dari lebih dari 1.000 anak.

Mereka mulai dengan panel 80 biomarker. Kemudian setelah diseleksi, didapat 5 biomarker. Menurut tim, lima adalah angka yang dapat dikelola untuk menyatukan berbagai metode canggih untuk mencari dan kemudian memilih perawatan.

Kelima biomarker itu adalah CC chemokine ligand 3 (CCL3), interleukin 8 (IL8), protein peredam panas 70 kDa 1B (HSPA1B), granzyme B (GZMB), dan matrix metallopeptidase 8 ( MMP8).

Hasilnya menunjukkan bahwa PERSEVERE memperkirakan dengan reliabilitas tinggi anak mana yang akan mengalami sepsis berat dan mana yang tidak.

Para peneliti kemudian menggunakan lima biomarker yang sama dalam model sepsis tikus. Tes tersebut secara akurat memperkirakan hewan mana yang berisiko tinggi dan rendah untuk mati.

Selain itu, dibandingkan dengan tikus dengan risiko rendah, mereka yang berisiko tinggi memiliki jumlah bakteri yang jauh lebih besar dalam darah mereka daripada mereka yang berisiko rendah dan membutuhkan dosis antibiotik yang jauh lebih tinggi untuk mengatasi infeksi. (ast)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Instalasi seni karya Joko Avianto Previous post Pematung Joko Avianto Tampilkan Instalasi di Viro
Chandra Wijaya melatih anak-anak SD bermain badminton Next post Ini SiswaPemenang Audisi Bulutangkis Candra Wijaya