Read Time:1 Minute, 6 Second

Manfaat vitamin B12 yang dikenal selama ini, salah satunya adalah mengatasi otot kaku. Kini manfaat itu bertambah satu lagi. Yaitu: mencegah penyusutan otak, sehingga bisa mencegah penurunan kemampuan berpikir dan memori.

David Smith dan Anna Vogiatzoglou dari University of Oxford, Inggris, membuktikan hal itu sesudah mengerjakan studi yang melibatkan 107 relawan berusia 61-87 tahun. Mereka diberikan suplemen vitamin B12 dengan berbagai dosis yang berbeda.

Setiap tahun selama 5 tahun, mereka dipindai otaknya untuk mengetahui berapa besar peyusutan otaknya. Walhasil, seperti dikutip situs reuters.com, beberapa waktu lampau, relawan yang diberikan suplementasi vitamin B12 lebih banyak memiliki enam kali kemungkinan lebih rendah untuk terkena penyusutan otak dibandingkan mereka yang diberi suplemen lebih rendah.

Vitamin B12 didapat dari beberapa sumber makanan, seperti susu dan produk susu lainnya, ikan, daging dan sereal.Vitamin B12 membantu dalam pembentukan sel darah merah dan penting untuk pemeliharaan sistem saraf pusat. Defisiensi vitamin B12 dapat menyebabkan anemia dan kerusakan saraf.


“Studi kami menunjukkan, tapi tidak membuktikan, bahwa dengan memodifikasi status vitamin B12 kita mungkin bisa melindungi otak kita dan jadi mungkin mencegah penurunan kognitif,” kata Smith, yang mengepalai Proyek Oxford untuk Penelitian Memori dan Penuaan. Hasil studinyajuga dipublikasikan dalam Jurnal Neurology.

Namun demikian Smith mengatakan terlalu dini untuk menyarankan orang-orang untuk mengonsumsi vitamin B12. “Penelitian lebih lanjut diperlukan dalam hubungan antara nutrisi dan otak, demensia khususnya,” ujarnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Rajin Konsumsi Brokoli, Paru Bisa Sehat Previous post Rajin Konsumsi Brokoli, Paru Bisa Sehat
Menyoal Bahaya Makanan Mengandung Lemak Jenuh Next post Menyoal Bahaya Makanan Mengandung Lemak Jenuh