12 Mahasiswa Indonesia Dapat Penghargaan dari SCG
Uncategorized

12 Mahasiswa Indonesia Dapat Penghargaan dari SCG

Nama baik Indonesia kembali diharumkan oleh prestasi generasi muda bangsa. Kali ini pengakuan akan prestasi tersebut disematkan kepada 12 mahasiswa terbaik IndonesiaMereka merupakan peserta program magang tingkat internasional dari SCG.

Setelah melalui seleksi ketat untuk mengikuti kegiatan magang di kantor pusat dan beberapa pabrik unit bisnis SCG di Thailand, para mahasiswa ini sudah kembali ke Indonesia dengan berbagai pengalaman berharga yang mereka dapatkan mengenai operasi bisnis perusahaan regional serta budaya perusahaan yang menjunjung tinggi perkembangan sumber daya manusia didalamnya.

Melalui program SCG International Internship 2017 ini, SCG ingin mengulang kesuksesannya dalam membangun sumber daya manusia dari berbagai negara operasi bisnisnya dengan memperlihatkan keunggulan proses bisnis sebagai upaya menuju Regional Business Leader.

Seperti dalam rilisnya, Thailand kembali menjadi tuan rumah dan mentor untuk melatih kepemimpinan, mengasah keterampilan dan program pengembangan lainnya. Banyak karyawan, termasuk level top manajemen yang telah ditugaskan untuk menjadi mentor bagi siswa dari enam negara di kawasan ASEAN seperti Indonesia, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Laos dan Filipina yang dimulai dari bulan Juli sampai Agustus tahun ini.

Country Director SCG Indonesia, Nantapong Chantrakul mengungkapkan harapannya melalui program ini. Ia mengatakan bahwa sebagai perusahaan konglomerat dengan visi menjadi pemimpin bisnis regional dengan menekankan inovasi dan prinsip keberlanjutan, ia menyadari bahwa pengembangan sumber daya manusia merupakan inti dari keberlanjutan bisnis dalam jangka panjang.

“Tahun ini, saya bangga karena mahasiswa Indonesia mendapatkan respon yang luar biasa dari para top manajemen di kantor pusat SCG di Bangkok dan beberapa pabrik dari unit bisnis di Thailand karena keaktifan, keuletan, serta kecakapan strategis mereka dalam melaksanakan dan menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan,” ujar Nantapong.

Melalui program tahunan ini, SCG juga bermaksud untuk memberikan pengalaman kerja internasional sekaligus pelajaran bersosialisasi yang baik seperti beradaptasi dengan berbagai budaya dari negara yang berbeda kepada para mahasiswa magang.

Selama program ini, mereka akan ditempatkan di tiga unit bisnis utama SCG; SCG Cement-Building Materials, SCG Chemicals, dan SCG Packaging, sesuai dengan minat dan latar belakang program studi mereka masing-masing.

Terkait dengan adaptasi budaya, Nantapong juga menambahkan bahwa selain keunggulan akademis, para mahasiswa juga harus melengkapi diri mereka dengan kemampuan adaptasi serta problem solving yang tinggi untuk dapat bertahan dalam persaingan kerja di masa mendatang. Dan mahasiswa Indonesia mampu menunjukan seluruh pesona tersebut selama program SCG International Internship 2017 berlangsung.

Esty Nadya Rafyanti, salah satu peserta SCG International Internship 2017 yang berasal dari Universitas Gajah Mada (UGM) mengungkapkan rasa syukur atas pengalamannya terpilih menjadi salah satu dari 12 mahasiswa terpilih dari ribuan peserta yang mendaftar program ini.

Ia juga menambahkan bahwa menjadi mahasiswi magang untuk Enterprise Brand Management Office SCG yang merupakan pengalaman sangat berharga sebab dirinya menjadi lebih memahami bagaimana praktik branding dan communications dari sudut pandang perusahaan yang memiliki berbagai lini bisnis serta wilayah operasi regional. “Kami banyak mendapat reward dari mentor atau senior kami disana karena hasil presentasi project assignment kami yang menarik,” ujar Esty.

Ia mengaku bahwa tim Intern Indonesia juga selalu dicari oleh para mentor bahkan top level manajemen untuk bisa mencairkan suasana, karena hanya tim Indonesia yang paling berusaha untuk terbuka dengan yang lainnya. “Maka kami juga bisa dibilang sebagai ‘perekat’ antar peserta SCG International Internship dari berbagai negara. Nilai persahabatan kami sebagai suatu tim kerja sangat dihargai, begitu pula dengan kemampuan berpikir kritis dan inisiatif tinggi kami,” sambung Esty dengan penuh semangat.

Generasi muda Indonesia dapat menunjukkan keunggulannya bukan hanya dibidang akademis, namun juga unggul di bidang sosial. Mengingat program magang ini diikuti oleh 6 negara yang berbeda tentu bukan hal yang mudah untuk dapat beradaptasi dengan cepat terhadap beragam budaya tersebut. Namun, para peserta internship dari Indonesia mampu mengatasi hal tersebut dengan mudah.

Sebelum memberangkatkan para mahasiswa terbaik ini, SCG telah melakukan proses seleksi yang cukup ketat terhadap 1.275 pendaftar di Indonesia. Adapun pendaftaran SCG International dibuka dari 22 Desember 2016 – 28 Februari 2017. Beberapa program studi yang dibutuhkan dalam program ini yaitu Hukum, Teknik, Bisnis, Ilmu Sosial, dan komunikasi. Selain SCG International Internship Program, SCG juga memiliki program pengembangan SDM berkelanjutan sesuai dengan komitmen perusahaan, seperti SCG Sharing the Dream, SCG Excellence Internship, dan SCG Young Leaders Programs.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *